[Event] Indonesian Writers for the World

Embedded image permalinkMengutip dari apa yang ditulis oleh Nithin Coca di situs www.seaglobe.com bahwa lebih dari 99% karya penulis Indonesia, bahkan yang tergolong laris manis di pasar negeri sendiri, tidak dapat dijangkau oleh publik internasional. Jika karyanya saja sulit untuk didapat oleh pembaca internasional, maka apalagi dengan nama penulisnya. Salah satu kendala dari masalah ini, lanjut Nithin, adalah kendala di bidang penerjemahan. Selain harga suatu terjemahan itu sendiri yang tidak bisa dipandang main-main, juga ada kesulitan tersendiri dalam menerjemahkan buku ke bahasa lain, baik kesulitan dalam bahasa itu sendiri, maupun kesulitan dari sisi budaya. Atas dasar kebingungan ini, hadirnya situs dan majalah “idwriters” yang berbahasa Inggris seperti angin segar bagi dunia literatur Indonesia.

“idwriters” adalah ide awal dari Valent Mustamin. Ia mempublikasikan situs tersebut dengan usaha sendiri, yang awalnya berada di bawah domain wordpress pada pertengahan 2014. Lalu beberapa teman membantu, walaupun bukan orang-orang dengan latar belakang sastra atau tulis-menulis, semangat dan kecintaan mereka pada dunia literasi Indonesia membuat situs tersebut berkembang. Kini “idwriters” mempunyai domain sendiri dan bisa menerbitkan majalah dua bulanan atas peran dan bantuan berbagai pihak. Semua itu diluncurkan pada Kamis lalu, 29 Januari 2014 di Goethe-Institut Jakarta, dengan tema “Indonesian Writers for the World”.

Acara dimulai pada jam 4 sore, yaitu sebuah acara yang diberi nama #KamisLiterasi tentang “Penulis Indonesia di Pentas Dunia” dengan pembicara seorang penulis yang telah mendapat penghargaan Khatulistiwa Literary Award untuk karyanya “Maryam”, Okky Madasari, seorang esais, cerpenis, editor dan penerjemah, Anton Kurnia, serta CEO PT. Bentang Pustaka, Salman Faridi.

Lalu pada malamnya, sebuah acara puncak peluncuran yang dimulai pada pukul 19:30. Sang pendiri situs, Valent Mustamin memberikan sambutan tentang perjuangannya dan rekan-rekannya untuk melahirkan situs ini, juga ada Rain Chudori, Banda Neira, Seno Gumira Ajidarma dan Anji Manji.

Rain Chudori, putri dari penulis senior Leila S.Chudori, yang telah bermain apik dan menggemaskan di20150129_195513 film “Rocket Rain”, membacakan cerita pendek berbahasa Inggris terbarunya yang berjudul “Doll House”. Walau dibacakan dengan cepat dan sederhana, suaranya terdengar piawai dan empuk sekali. Duo Ananda Badudu dan Rara sekar yang tergabung dalam “Banda Neira” tampil dengan mengesankan secara akustik membawakan beberapa lagu dari album pertama mereka dan sebuah lagu dari proyek terbaru mereka tentang ekstapol berjudul “Tini dan Yanti”. Lalu ada sastrawan senior, Seno Gumira Ajidarma yang mempertanyakan sastra lewat orasinya yang 20150129_203205berjudul “Susastra Kawan Paimo” yang lucu, satir dan terdengar ironis. Ia mengkritik sastra sering kali hanya sebagai kendaraan dan mainan kelompok-kelompok tertentu. Mantan vokalis band “Drive”, Anji Manji juga tampil dengan musikalisasi puisi dari beberapa penyair muda seperti Krisna Pabichara dan Aan Mansyur. Ia gubah beberapa puisi dengan gaya musik populer.

Di tengah dahaga untuk memperkenalkan penulis-penulis nusantara ke audiens internasional, kehadiran “idwriters’ dengan situs 20150129_205050www.idwriters.org dan majalah dwi-bulanannya adalah anugerah buat dunia literatur Indonesia. Tercatat sekitar 190 data penulis telah masuk ke dalam rumah online tersebut. Dengan adanya peluncuran ini, diharapkan semakin banyak pihak yang mendukung dan membantu keberadaan “idwriters” sebagai simbol kecintaan pada sastra maupun dunia tulis-menulis, dan semoga majalah “idwriters” semakin sering terbit diantara langkanya majalah sastra di Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s